top of page

Mendalami Programming Berarti Mengasah Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Programming dapat disebut sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari pembuatan dan penulisan kode komputer untuk membuat produk digital. Orang yang mendalaminya atau disebut dengan programmer menggunakan bahasa pemrograman untuk menulis kode yang dapat diinterpretasikan komputer untuk menyelesaikan tugas tertentu. Programmer bekerja dalam berbagai bidang seperti game development, aplikasi website, kecerdasan buatan, dan lain-lain.


Programmer dapat bekerja sebagai individu dan tim untuk mengembangkan sebuah proyek. Mereka diharuskan memahami konsep dasar pemrograman, algoritma, dan struktur data. Selain itu, programmer diharuskan untuk memiliki

kemampuan untuk menganalisis, merancang, dan menyelesaikan masalah dalam sistem yang mereka kerjakan.


Seiring berjalannya waktu mendalami disiplin ilmu ini secara tidak langsung mengasah kemampuan logis dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Pelakunya dapat termasuk pekerja industri bidang IT, pelajar dalam tahap pendalaman, bahkan orang lain yang menaruh minat pada disiplin ilmu ini.


Betul, menjadi programmer dapat membantu dalam menyelesaikan masalah di dunia nyata. Programmer dapat menggunakan kemampuan pemrograman

mereka untuk membuat sebuah sistem yang berguna untuk membantu mengatasi masalah-masalah seperti pengelolaan data, automatisasi bisnis, pengembangan teknologi di berbagai macam bidang, dan masih banyak lagi.


Waktu yang dihabiskan programmer dalam menganalisis permasalahan dalam pembelajarannya, mampu merangsang kelancaran refleks impuls pada beberapa bagian otak manusia.


  1. Cortex Prefrontal: Bagian otak yang berperan dalam perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengendalian impuls.

  2. Cortex Parietal: Bagian otak yang berperan dalam pengolahan infomrasi sensorik, seperti pengenalan bentuk dan ukuran, serta dalam proses navigasi dan orientasi.

  3. Hippocampus: Bagian otak yang berperan dalam pengenalan dan pengelolaan informasi baru, serta dalam proses mengingat dan belajar.


Kemampuan menyelesaian masalah yang melibatkan kerja sama beberapa bagian otak di atas memerlukan reaksi yang baik dengan melatihnya secara konsisten dan penuh kesadaran diri. Tertarik mendalami programmer?

0 comments
bottom of page