top of page

Adaptasi Perkembangan IT di Tengah Fenomena Bonus Demografi

Bonus demografi (inggris: demographic dividend) adalah suatu kondisi dimana populasi masyarakat akan didominasi oleh individu-individu dengan usia produktif. Usia produktif yang dimaksud adalah rentang usia 15 hingga 64 tahun. Titik ini menjadi peluang besar bagi sebuah negara untuk meningkatkan performa ekonomi industri.


Fenomena ini adalah sebuah ledakan penduduk usia produktif yang kemungkinan akan terjadi di Indonesia pada tahun 2020 hingga 2030 sebesar 68,1% [Jimmy Ginting 2016].


Jika dapat memaksimalkan fase ini, dampak yang dihasilkan akan sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi yang berujung pada perkembangan kemajuan sebuah negara.


Data Tren Pertumbuhan Peduduk Indonesia (Sumber: bps.go.id).


Sebagai penggiat IT, upaya menyikapi fenomena bonus demografi dapat kita lakukan dengan berbagai cara.


Hal pertama dan yang paling utama yaitu kemampuan literasi. Alasannya sangat jelas dan fundamental. Lebih memaksimalkan literasi berarti juga berperan langsung dalam menjadi pemilah hoaks yang muncul di tengah masyarakat.


Memiliki kemampuan literasi yang baik dapat menjadikan seseorang untuk mampu menyelesaikan masalah. Kemampuan menyelesaikan masalah akan sangat membantu di tengah pertumbuhan masyarakat yang sejalan dengan pertumbuhan teknologi nanti.


Kemampuan literasi juga membuat kita dapat membiasakan diri dengan kemungkinan akan masuknya beberapa industri baru nantinya.

0 comments
bottom of page