top of page

Tren Industri IT Tahun 2023 Menurut Cloudera

Bermula dari penyesuaian industri negara saat pandemi, intensitas dorongan migrasi digital yang belum pernah terjadi sebelumnya semakin menuju ke level yang lebih serius. Data pertumbuhan ekonomi dari industri negara dilaporkan IDC menunjukkan 28 persen perusahaan sudah berada dalam tahap kematangan transformasi digital paling progresif.


Cloudera, perusahaan penyedia platform layanan cloud dan pemrosesan data mengemukakan pemikiran tertulisnya pada investor.com. Erwin Sukiato, seorang country manager Cloudera Indonesia menyampaikan bahwa terdapat pertumbuhan tren signifikan tentang dominasi prioritas bisnis dari industri IT hingga cakupan yang lebih luas.


Gambar 1 Erwin Sukiarto dari investor.id


Berdasarkan studi beliau dari keadaan di lapangan, beliau menyampaikan lebih lanjut bahwa industri yang berhadapan langsung dengan pelanggan paling memicu lahirnya beberapa tren yang siap mendominasi. Sektor-sektor seperti telekomunikasi, pengemasan konsumen, rantai pasokan, perbankan, layanan keuangan, layanan kesehatan, hingga ritel akan menjadi yang pertama mengimplementasikan beberapa tren seperti komputasi cloud. semua industri sedang dalam proses mewujudkan upaya transformasi digital mereka dan ingin semakin mengerahkan teknologi baru seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan machine learning/ML untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya.


Satu hal yang pasti adalah, memiliki strategi data enterprise yang selaras dengan strategi cloud computing akan membantu organisasi mendorong value bisnis yang lebih besar dengan meningkatkan efisiensi operasional dan membuka aliran pendapatan baru.


Organisasi/perusahaan bisa mempertimbangkan untuk pindah ke platform data hybrid yang bisa mengelola seluruh siklus hidup analitik data dan machine learning perusahaannya. Platform tersebut harus memiliki fitur keterbukaan dan interoperasionalitas yang memudahkan untuk berbagi dan memungkinkan fungsi layanan mandiri, seperti Cloudera Data Platform, yang memiliki fitur bawaan shared data experience. Fitur ini menyediakan common metadata, keamanan, dan model tata kelola bagi bisnis, di seluruh data mereka.


Karena semakin banyak industri yang matang secara digital dan mengadopsi teknologi ini, maka 2023 akan menjadi tahun yang sangat penting bagi organisasi yang ingin mengaplikasikan solusi teknologi baru di seluruh fungsi bisnis mereka.

0 comments

Comments


bottom of page